Tren Bisnis yang Diprediksi Viral di Tahun 2025
BECKER.BIZ.ID - Industri kuliner terus berkembang dengan tren yang selalu berubah setiap tahunnya.
Memasuki tahun 2025, para pelaku usaha kuliner harus lebih jeli dalam melihat peluang bisnis yang berpotensi viral.
Inovasi dalam cita rasa, konsep penyajian, hingga strategi pemasaran menjadi faktor utama dalam menarik perhatian konsumen.
Dari makanan sehat berbasis tanaman hingga kreasi fusion unik yang menggabungkan berbagai budaya, bisnis kuliner di tahun 2025 diprediksi akan semakin kreatif dan inovatif.
Lalu, tren apa saja yang akan mendominasi dunia kuliner di tahun depan? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini!
Prediksi Bisnis Kuliner yang viral di Tahun 2025
1. Makanan berbasis kesehatan dan personalisasi nutrisi
Yang pertama adalah makanan berbasis kesehatan dan personalisasi nutrisi. Melihat tren masa kini yang banyak terjadi obesitas dan banyaknya penderita penyakit degeneratif seperti asam urat, kolesterol, darah tinggi, dan sebagainya, maka di masa depan orang-orang akan semakin sadar akan bahaya makanan yang mengandung lemak dan gula berlebih.
Oleh karena itu, mereka akan memilih makanan yang lebih sehat. Prediksi saya, makanan berbasis kesehatan dan personalisasi nutrisi akan menjadi tren yang viral.
Kenapa bisa viral? Karena masyarakat semakin peduli dengan kesehatan dan kebutuhan nutrisi individu.
Bisnis kuliner ini dapat menawarkan makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi setiap orang, seperti makanan rendah karbohidrat, tinggi protein, atau makanan khusus untuk penderita diabetes, asam urat, dan lainnya.
Teknologinya pun bisa menggunakan aplikasi untuk menganalisis nutrisi dan menyesuaikan menu sesuai kebutuhan konsumen.
Di aplikasi tersebut, konsumen dapat memasukkan data seperti usia, berat badan, dan tujuan kesehatan mereka untuk mendapatkan rekomendasi makanan.
Kenapa bisnis ini berpotensi viral? Karena semakin banyak orang yang tertarik menjaga kesehatan melalui makanan, apalagi dengan dukungan data promosi di media sosial dan testimoni pelanggan mengenai perubahan kesehatan mereka.
Selain itu, kafe yang menampilkan informasi kalori pada setiap menu juga bisa menjadi tren. Misalnya, di kafe tersebut, setiap makanan sudah tertera jumlah kalorinya, sehingga konsumen bisa memilih makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian mereka.
Contohnya, bisa menyediakan burger berbasis nabati atau susu almond, atau dessert vegan, dan lain sebagainya.
2. kafe dengan tema virtual reality atau augmented reality
Lanjut ke ide bisnis kedua yang berpotensi viral di tahun 2025, yaitu kafe dengan tema virtual reality atau augmented reality yang menawarkan pengalaman makan yang unik dan interaktif. Pengunjung dapat menikmati makanan di suasana virtual yang dibuat dengan tema tertentu seperti hutan hujan, ruang angkasa, atau bawah laut. Teknologi yang digunakan adalah headset virtual reality atau augmented reality untuk memberikan pengalaman visual dan audio yang imersif. Hidangan yang disajikan juga dapat berinteraksi dengan tema virtual, seperti makanan yang tampak seperti planet dalam augmented reality.
Kenapa bisa viral? Karena konsep kafe bertema interaktif ini menarik perhatian generasi muda dan dapat menarik banyak perhatian di media sosial, terutama bagi mereka yang ingin mencoba pengalaman kuliner yang unik dan seru untuk dibagikan.
Namun, makanan yang disajikan harus diuji dengan baik, jangan hanya mengandalkan tema saja, karena pelanggan tidak akan kembali hanya untuk foto-foto.
3. Restoran cepat saji otomatis dengan robot
Ide bisnis ketiga adalah restoran cepat saji otomatis dengan robot. Restoran tanpa tenaga kerja manusia, di mana seluruh proses mulai dari menerima pesanan, memasak, hingga penyajian dilakukan oleh robot.
Teknologi robot dapur yang bisa memasak menu cepat saji dan mengolah bahan makanan dapat disinkronkan dengan aplikasi yang memungkinkan pelanggan memesan dan menyesuaikan pesanan mereka.
Kenapa bisa viral? Karena kombinasi efisiensi, kecepatan, dan faktor kejutan dari penggunaan robot bisa menciptakan pengalaman menarik bagi pelanggan, terutama di daerah perkotaan yang padat.
4. Jasa makanan atau immune boosting berbasis langganan
Keempat, ide bisnis yang berpotensi viral adalah jasa makanan atau immune boosting berbasis langganan. Layanan pengiriman makanan sehat yang dirancang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan fokus pada bahan-bahan alami yang kaya vitamin, antioksidan, dan probiotik. Teknologi yang digunakan bisa berupa platform langganan dengan sistem AI yang melacak kebiasaan makan pelanggan dan memberikan saran makanan untuk menjaga kekebalan tubuh.
Kenapa berpotensi viral? Karena kesadaran tentang kesehatan semakin meningkat pasca-pandemi, dan masyarakat mencari cara untuk tetap sehat.
Konsep ini sangat potensial untuk viral, terutama dengan dukungan influencer kesehatan dan media sosial.
5. zero waste dan farm-to-table
Kelima, ide bisnis restoran berbasis keberlanjutan atau zero waste dan farm-to-table. Restoran yang mempromosikan keberlanjutan dengan pendekatan nol limbah, hanya menggunakan bahan-bahan lokal segar dan berasal dari pertanian organik atau kebun mikro di sekitar restoran.
Teknologi yang digunakan memungkinkan transparansi bahan makanan, sehingga pelanggan bisa melihat dari mana asal bahan makanan tersebut dan bagaimana makanan mereka dibuat.
Fitur AR (augmented reality) juga bisa ditambahkan untuk memungkinkan pengunjung melihat asal bahan makanan melalui aplikasi.
Kenapa bisa viral? Karena gaya hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan menjadi nilai jual yang menarik bagi konsumen milenial dan Gen Z.
Cerita di balik bahan lokal dan zero waste bisa menjadi konten menarik untuk dibagikan di media sosial.
6.Ide bisnis street food modern dengan konsep makanan nostalgia.
Keenam, ide bisnis street food modern dengan konsep makanan nostalgia. Gerai makanan jalanan yang menawarkan hidangan nostalgia dari masa kecil atau makanan tradisional yang dimodernisasi namun tetap mempertahankan rasa asli.
Teknologi yang digunakan termasuk aplikasi untuk memesan dan antrian digital yang memudahkan pelanggan, serta alat dapur modern yang tetap mempertahankan rasa otentik dari makanan tersebut.
Kenapa bisa viral? Karena banyak orang memiliki kenangan terhadap makanan tertentu dari masa kecil mereka.
Ketika kenangan ini dibagikan kembali, dapat menjadi tren viral di media sosial, terutama dengan tampilan makanan yang instagramable dan unik.
7. Ide Bisnis as Medicine
Ketujuh, ide bisnis food as medicine. Restoran yang mengintegrasikan ramuan herbal dan rempah tradisional, yang memadukan masakan modern dengan resep tradisional yang menggunakan bahan-bahan seperti jahe, kunyit, dan ginseng yang dikenal memiliki manfaat kesehatan.
Teknologi yang digunakan termasuk aplikasi yang menyediakan informasi mengenai manfaat kesehatan setiap ramuan pada menu, serta fitur untuk konsultasi singkat mengenai manfaat rempah bagi tubuh.
Kenapa berpotensi viral? Karena semakin banyak orang yang peduli dengan gaya hidup sehat, bisnis yang menawarkan makanan sebagai obat sangat berpotensi menarik perhatian, terutama bila dikemas dengan tampilan modern dan manfaat kesehatan yang jelas.
8. Ide bisnis dapur virtual dan menu berbasis AI
Kedelapan, ide bisnis dapur virtual dan menu berbasis AI. Dapur virtual atau cloud kitchen yang hanya melayani pesanan online dan menggunakan AI untuk menciptakan menu baru berdasarkan tren, preferensi pelanggan, dan bahan yang tersedia. Teknologi yang digunakan adalah algoritma AI yang memantau tren makanan di media sosial dan analitik pesanan untuk mengcustomisasi dan menciptakan menu baru.
Kenapa berpotensi viral? Karena konsep ini efisien, tidak membutuhkan ruang fisik restoran yang besar, dan dapat merespons tren dengan cepat. Menu-menu baru yang dikurasi oleh AI akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna platform daring.
Demikian ide-ide bisnis yang diprediksi akan viral di tahun 2025.
Semoga informasi ini bermanfaat. (*)
COMMENTS