Cara Efektif Mempertahankan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis
BECKER.BIZ.ID - Apa arti sebuah bisnis tanpa pelanggan? Bisnis tidak dapat berjalan, bukan?
Pelanggan merupakan faktor penentu yang memastikan perputaran uang dalam bisnis tetap berjalan.
Tentu saja, Anda tidak ingin usaha yang telah Anda rintis dengan susah payah menjadi terhenti atau bahkan bangkrut di tengah jalan hanya karena pelanggan hanya hadir saat acara pembukaan saja.
Agar hal tersebut tidak terjadi, gunakan layanan berikut ini untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
Cara mempertahankan loyalitas pelanggan
1. Sasaran Pasar
Pasar saat ini sangat dipengaruhi oleh target pasar yang Anda tentukan.
Jika bisnis Anda menyasar usia milenial yang berusia 18 hingga 34 tahun, maka penggunaan platform media sosial sebagai media pemasaran sangatlah tepat.
Platform yang kekinian dengan jangkauan yang lebih luas dapat memenuhi kebutuhan layanan pelanggan di mana saja.
2. Perangkat Sistem yang digunakan
Perangkat sistem mungkin dapat menangani beberapa keluhan pelanggan dengan cepat, namun yang lebih efisien adalah mendengarkan keluhan pelanggan melalui manusia, bukan komputer.
Penggunaan media email dan sejenisnya memang diperlukan agar proses jual beli menjadi lebih cepat.
Namun, agar layanan bisnis Anda lebih terasa di hati pelanggan, tetap dibutuhkan sentuhan manusia.
3. Internet
Saat ini, informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui internet, termasuk produk dari perusahaan Anda. Jika Anda menggunakan situs web khusus, pastikan Anda mengunggah informasi produk secara jelas dengan navigasi yang mudah diakses.
Sebagai daya tarik tambahan, Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa iklan untuk mereview produk yang Anda tawarkan dan menampilkannya di halaman utama situs Anda.
Komputer memang bisa menggantikan sebagian pekerjaan karyawan, tetapi bukan berarti tidak ada perawatan yang perlu dilakukan.
Apabila suatu saat terjadi masalah, seperti jaringan internet yang mati, serangan peretas, atau serangan siber, bisa saja semua data Anda hilang akibat hal tersebut—termasuk jika terjadi bencana alam.
Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pencadangan data secara manual dan merencanakan keselamatan lainnya untuk mengurangi risiko dari bencana yang tidak diinginkan.
4. Cara Pelayanan
Ternyata bukan hanya layanan pelanggan yang perlu belajar bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan ramah, tetapi juga seluruh karyawan, termasuk staf bagian back office dan Anda sendiri. Hal ini penting karena dengan semangat yang sama dalam melayani pelanggan, pengalaman berbelanja yang diterima oleh pelanggan akan lebih berkesan positif.
Ditambah lagi, seluruh anggota tim dalam perusahaan perlu memahami poin-poin penting serta solusi dari setiap keluhan pelanggan untuk peningkatan kualitas bisnis.
Jadi, bukan hanya layanan pelanggan yang merasakan manfaatnya ketika memahami keluhan pelanggan.
Jika Anda ingin mempertahankan loyalitas pelanggan, Anda harus terus berinovasi.
Teknologi menjadi kunci, tetapi hal tersebut juga harus didukung oleh karyawan yang bertugas untuk menangani layanan pelanggan.(*)
COMMENTS