Strategi Jitu Agar Jualan Makanan Online
BECKER.BIZ.ID - Pada era sekarang, memulai usaha kuliner dapat dilakukan dengan lebih mudah karena hambatan masuk yang relatif rendah.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan platform daring. Namun, jangan sampai ketika memulai usaha melalui platform tersebut justru tidak memperoleh pembeli sama sekali.
Sebab, saat kita menjual produk secara daring, tentu harapannya adalah dapat langsung mendapatkan banyak pelanggan.
Mari simak lima tips agar usaha kuliner Anda di platform daring dapat diminati dan ramai pembeli!
Strategi Laris Manis Jualan Di Online Delivery
1. Merek Harus Mewakili Identitas Produk
Hal yang paling mendasar adalah merek yang representatif. Salah satu penyebab utama mengapa usaha kuliner secara daring tidak laku adalah karena mereknya tidak mencerminkan identitas yang kuat.
Apa saja ciri-ciri merek yang representatif?
Pertama, milikilah nama merek. Jangan hanya menjual produk generik, seperti sekadar menulis “keripik singkong” tanpa identitas khusus.
Jika demikian, Anda akan bersaing dengan ratusan produk serupa dan konsumen cenderung hanya membandingkan harga.
Setelah memiliki nama merek, buatlah logo. Jika respons pasar cukup baik, segera daftarkan hak kekayaan intelektual (HAKI) agar tidak digunakan oleh pihak lain. Merek yang kuat dapat divisualisasikan melalui desain grafis pada toko daring Anda.
Logo yang menarik dan tata letak yang profesional akan membentuk persepsi positif di mata konsumen.
2. Gunakan Foto Produk yang Menarik dan Berkualitas
Jika produk Anda tidak laku di platform daring, coba periksa kembali foto produknya. Bisa jadi foto yang digunakan kurang menarik atau bahkan hasil unduhan dari internet. Ingat, foto adalah daya tarik visual pertama dalam dunia penjualan daring!
Apabila Anda belum memiliki kemampuan memotret yang baik, saat ini banyak panduan dan tutorial mengenai cara mengambil foto produk makanan dan minuman yang estetis dan terjangkau, baik di TikTok maupun Instagram. Foto yang menarik akan membuat produk Anda terlihat menggoda, terutama bagi calon pembeli yang baru mengenal toko Anda.
Pastikan semua foto produk memiliki kualitas yang konsisten, tajam, dan tidak buram. Hindari menggunakan gambar dari platform lain. Tampilkan produk Anda secara autentik dan menggugah selera.
3. Jalankan Kampanye Promosi Secara Rutin
Memiliki toko di platform daring ibarat memiliki toko fisik. Diperlukan aktivitas pemasaran secara rutin agar toko tetap ramai, salah satunya dengan mengadakan kampanye promosi.
Kampanye dapat disesuaikan dengan hari raya nasional, momen-momen spesial, atau bahkan dibuat dengan konsep yang kreatif dan unik. Contohnya: “Minggu Penuh Cinta, Diskon 14%” menjelang Hari Valentine, atau “Promo Gajian Hebat Setiap Akhir Bulan”.
Tampilkan kampanye Anda melalui banner toko, baik di halaman utama, linimasa, maupun pada gambar mini produk. Segarkan desain dan materi promosi Anda setiap 1 hingga 2 bulan sekali agar konsumen tidak merasa bosan.
4. Berikan Promo Secara Terencana dan Efisien
Jangan ragu untuk memberikan promosi! Dalam dunia e-commerce dan layanan antar makanan, promosi adalah salah satu kunci utama. Namun, pemberian promosi juga harus cerdas dan tidak merugikan bisnis Anda.
Sebagai contoh, hindari memberikan diskon hanya untuk satu produk karena dapat mengurangi margin keuntungan. Lebih baik gunakan strategi promo bundling seperti: beli dua gratis satu, paket hemat, atau tambahan topping secara gratis. Strategi ini dapat mendorong peningkatan nilai pembelian tanpa mengorbankan keuntungan secara signifikan.
Tujuan dari promo bukan sekadar menarik perhatian, melainkan juga mendorong keputusan pembelian, terutama dari pelanggan baru yang belum mengenal kualitas produk Anda.
5. Manfaatkan Fitur Iklan di Dalam Platform
Berjualan di platform seperti Shopee atau GrabFood bisa diibaratkan seperti memiliki kios di dalam area food court.
Apabila Anda belum memiliki merek yang dikenal luas, Anda perlu lebih aktif dalam tampil di hadapan pelanggan.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh platform tersebut.
Misalnya, memasang iklan di halaman utama ShopeeFood atau menggunakan kata kunci seperti “keripik singkong” agar toko Anda muncul di urutan teratas pencarian.
Selain itu, manfaatkan pula iklan berbasis lokasi atau radius pencarian, sehingga produk Anda dapat tampil kepada pengguna yang mencari makanan di area terdekat. Strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan menjangkau pelanggan baru.
Itulah lima tips penting agar usaha kuliner Anda dapat sukses di platform daring.
Jangan hanya menyimak, tetapi segera praktikkan agar hasilnya bisa segera dirasakan. (*)
COMMENTS